Halong Bay: A World of Mystery Viet Nam

my article in reader’s digest magazine

Artikel ini telah dipublikasikan oleh Majalah Reader’s Digest Indonesia Edisi Juli 2012 dengan judul “Keindahan Ha Long Bay yang Misterius” pada halaman 158-159

Bosan liburan di laut berpasir? Terdapat sebuah destinasi menarik yang wajib untuk dikunjungi karena keindahannya yang menakjubkan. Ya, Ha Long Bay merupakan sebuah teluk di sebelah utara Vietnam yang memiliki garis pantai sepanjang 120 km, dikenal di Vietnam sebagai Teluk naga yang sedang turun. Salah satu keajaiban alam di dunia ini merupakan bagian dari situs UNESCO World Heritage. Hamparan pulau-pulau yang menjulang tinggi dan air yang sangat jernih merupkan ciri khas dari Ha Long Bay. Ha Long Bay terdiri dari 1.969 pulau. Dua pulau terbesar yang dapat dikunjungi dan kita dapat bermalam di sana yakni Tuần Châu and Cat Ba.

ha long bay on january

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Ha Long Bay ialah pada musim panas yakni bulan Maret. Pada musim dingin suhu kurang dari 10°C sehingga tidak dapat berenang karena air yang sangat dingin. Kecuali memang mau nekat berenang di air dingin. Selain itu, pada musim dingin langit tidak akan cerah karena ditutupi oleh kabut. Untuk mencapai Ha Long Bay biasanya menggunakan tur-tur yang dapat dibeli di Kota Hanoi atau di Ha Long Bay itu sendiri. Terdapat beragam paket tur yang disediakan mulai dari 1 day tour, 2 days 1 night tour dan 3 days 2 nights tour. Harganya pun beragam tergantung fasilitas yang ingin kita dapatkan. Semakin mahal paket tur tentu saja semakin banyak fasilitas yang kita dapatkan seperti kapal yang lebih bagus, kamar yang lebih mewah, dan makan yang lebih berlimpah. Tur-tur di Hanoi yang ke Ha Long bay akan dimulai pada pagi hari dan akan kembali sore hari ke Hanoi untuk seluruh paket tur. Bermalam di Ha Long Bay merupakan paket tur yang direkomendasikan karena jarak dari Hanoi ke Ha Long bay mencapai 3,5 jam. Mengambil 1 day tour akan terlalu banyak waktu yang dihabiskan di jalan.

Persiapan ke Ha long Bay di Hanoi bersama travelmate saya, Vieta.

Pada perjalanan saya ke Ha Long Bay, sayangnya saya melakukannya pada musim dingin yakni bulan Januari. Saya mengambil paket 2 days 1 night seharga 38 USD setelah melakukan tawar-menawar dengan agen tur di Hanoi. Umumnya harga menggunakan rates dollar bukan mata uang Vietnam, dong. Jangan takut untuk menawar harga karena mereka suka memberikan harga yang tinggi padahal fasilitasnya sama. Ini terjadi dengan saya dimana penumpangpenumpang lain di tur saya mendapatkan harga 50 USD dengan fasilitas yang sama dengan saya. Dengan harga 38 USD saya mendapakan fasilitas transportasi ke halong bay dari dan menuju Hanoi, sarapan, makan siang, dan makan malam, kayaking, tiket ke Thien Cung Grotto, kamar twin beds. Saya menginap di atas kapal dengan 15 peserta lainnya.

Perahu khas tradisional untuk tur Ha Long Bay

Pada hari pertama, agen tur menjemput saya di hotel pukul 9.00 pagi. Kami sampai di Ha Long Bay sekitar pukul 12 siang lalu menaiki kapal kami. Kapal yang kami tumpangi cukup nyaman. Dari jendela kamar, saya mendapatkan suguhan pemandangan Ha Long Bay yang spektakuler. Karena saya datang pada musim dingin, kabut-kabut yang menutupi bebatuan menjadikan Ha Long Bay yang penuh misterius. Setelah kapal mulai berlayar, kami disuguhi makanan khas Vietnam. Tidak terlalu mewah namun cukup untuk mengganjal perut kami yang lapar. Terdapat nasi, tahu, ikan, dan sayuran. Oh yah, air tidak termasuk kedalam paket sehingga anggota tur harus membeli air di kapal. Harga lebih mahal dari harga normal dan penumpang dilarang membawa air dari luar. Sehingga untuk irit, kita harus melakukan triknya yaitu membawa air dari luar namun hanya disimpan dikamar. Cukup membeli sekali air mineral yang ada di kapal dan mengisi ulang nantinya.

amazing cave

Perjalanan kami diawali dengan mengunjungi Thien Cung Grotto yang berarti istana surga Grotto . Setelah kapal disandarkan di dermaga, pemandangan yang saya dapat adalah sebuah pulau bebatuan yang diselimuti hutan lebat. Setelah menaiki 90 anak tangga, saya takjub dengan pemandangan di depan mata saya. Pulau-pulang kecil Ha Long Bay yang menjulang tingi beserta kapal-kapal layar yang sedan mengarungi Ha Long Bay. Berjalan beberapa langkah, saya masuk ke sebuah gua Penggunaan tata letak cahaya lampu yang berwarna-warni membuat gua ini semakin menarik. Langit-langit gua setinggi 25 meter serta ratusan stalaktit yang memiliki berbagai bentuk menghiasi gua yang membuat mata pengunjung tidak berkedip. Karena pengelolaan yang baik, pengunjung tidak akan mengalami kesulitan untuk berjalan dan mengitari goa ini. Pengunjung akan tertegun dengan keindahan yang disuguhkan gua yang berusia sekitar 11.000-700.000 tahun.

yeah we made it, ha long bay!

Setelah itu kapal berlayar mengitari Ha Long bay dan berhenti di fighting cock islands yang terlihat seperti dua ayam yang hendak bertarung. Namun, beberapa orang beranggapan bahwa pulau itu terlihat seperti dua ayam yang sedang berciuman. Karena keunikannya, fighting cock islands dapat dilihat di mata uang Vietnam. Setelah kapal berhenti, peserta melakukan kayaking dan mengitari pulau-pulau di Ha Long Bay. Program ini sudah termasuk dalam paket tur kami, sehingga kami tidak perlu membayar lagi. Namun apabila tidak termasuk paket, maka peserta harus membayar sebesar 2,5 USD.

kayakking

Menghabiskan waktu dengan bermain poker

Peserta tur kembali kapal setelah usai berkayaking. Pada musim panas, peserta dapat berenang di Ha Long Bay dan tidak jarang banyak yang lompat dari atas kapal. Namun karena musim dingin, saya tidak dapat berenang karena air yang sangat dingin. Sambil menunggu makan malam, saya berbincang-bincang dengan peserta tur lainnya. Mereka dari berbagai negara yakni Swedia, New Zealand, Jerman, dan Argentina. Tidak ada aktivitas yang dapat dilakukan pada malam hari selain makan malam, namun karena semua peserta tur masih anak-anak muda maka kami membuat pesta di dalam kapal kami. Bahkan kapal kami memiliki lampu disko. Beberapa orang dari kapal lain mengunjungi kapal kami karena kapal mereka tidak terdapat aktivitas apa-apa di malam hari. Pada malam hari, kapal bersandar tidak jauh dari pelabuhan di dekat pulau Cat Ba karena terdapat beberapa kapal yang tenggelam sebelumnya. Sehingga lebih aman apabila kapal bersandar tidak jauh dari pelabuhan atau dari kapal lainnya.

spontaneous party on boat..crazy

Me and the swedish

woohhoo..crazy night🙂

i cant open my door so i jump from the window

Keesokan paginya, saya bangun tidur dengan pemandangan yang luar biasa di samping kamar saya. Warna air yang berwarna hijau jernih dan juga kabut-kabut tipis yang menutupi pulau-pulau kecil di sekitar saya membangunkan diri saya dari rasa ngantuk. Kru kapal mengutuk-ngetuk kamar peserta untuk menginformasikan sarapan sudah siap. Kita harus datang on time untuk makan siang, makan malam atau sarapan di ruang yang disediakan karena makan baru akan dimulai apabila seluruh peserta sudah lengkap. Bagi peserta yang terlambat atau kesiangan, maka tidak akan mendapat jatah makannya.

a peaceful morning

Setelah menikmati sarapan, kapal bersandar di dekat perkampungan nelayan. Ya, di sekitar Ha Long Bay juga terdapat kampung-kampung nelayan. Mereka tinggal di laut bahkan terdapat sekolah apung. Kami berhenti untuk melihat pasar ikan dan juga kapal kecil yang membawa kami ke sebuah gua. Aktivitas ini hanya bisa dilakukan pada pagi hari. Pada siang hari, air di gua tersebut akan surut dan sulit untuk dikunjungi. Guide saya menyebutkan bahwa gua tersebut ialah “paradise on earth”. Untuk mengitari gua tersebut dengan perahu kecil, pengunjung harus membayar 5 USD. Menurut saya, harga itu sepadan dengan pemandangan yang menakjubkan yang ditawarkan selama saya berada di perahu kecil.

coming to the paradise on earth

boat trip that you can do only on morning

strong lady

people live in the sea

Kabut-kabut tipis yang menutupi batu-batu yang menjulang tinggi membuat saya merasakan “kemisteriusan” Ha Long Bay. Kebahagiaan saya, saya luapakan dalam berbagai foto-foto indah yang saya dapatkan. Setelah mengelilingi gua, perahu pun mendekat ke perkampungan nelayan di Ha Long Bay. Saya melihat secara dekat bagaiman kehidupan para nelayan yang tinggal di atas laut itu.

with the argentian friends. you know what.. they were a school mate and travelled together in Asia. So far away from home to hang out with your friends hihih

Me and Vieta were the only asian in this group even it was in asia!!!

Setelah seluruh peserta kembali ke kapal, kapal pun berlayar ke pelabuhan di Ha Long Bay yang menandakan perjalanan akan selesai. Terdapat minivan menunggu kami yang siap mengatarkan kami kembali ke Hanoi. Di tengah perjalanan, minivan berhenti untuk makan siang di sebuah restoran. Karena sangat lapar, makanan seadanya tersebut kami makan secara lahap. Pukul 5.30 sore kami sudah kembali ke Hanoi dan diantar ke hotel masing-masing. Perjalanan ke Ha Long Bay merupakan hal yang istimewa karena keindahan yang disajikan sangatlah special dan langka. Tempat ini cocok untuk kawula muda yang haus akan keindahan alam dan juga pasangan yang ingin mendapatkan suasana romantis. Namun, keindahan tersebut akan terus terjaga apabila pengunjung tidak merusak keindahan alam yang sudah tersedia di Ha Long Bay.

finished our ha long bay trip but we still be friends. Even, we travelled together in Laos🙂

Trik Memilih Paket Tur Ha Long Bay

Terdapat ratusan agen tur yang menyedikan fasilitas tur Ha Long Bay di Hanoi. Namun, pengunjung harus mengetahui trik-trik dalam memilih paket tur Ha Long Bay.

1. Lebih baik memesan langsung di Hanoi daripada melalui internet. Harga yang tertera di internet akan jauh lebih mahal, mungkin 3 kali lipat, dari harga sesungguhnya di kawasan Old Quarter, Hanoi. Jadi booking secara langsung di Hanoi akan mendapatkan harga yang lebih baik.
  2. Harga sangat variatif, pilih yang sesuai budget. Terdapat 3 jenis paket tur yang biasanya ditawarkan yakni 1 day tour, 2 days 1 night tour, 3 days 2 nights tour. Kita dapat memilih menginap di atas kapal atau di Cat Ba island. Semakin mahal harganya maka semakin bagus fasilitasnya. Jadi ada yang paket backpacker atau middle class, atau super mewah.
  3. Jangan takut untuk menawar dan membandingkan harga dengan agen lainnya. Mayoritas agen tur di Hanoi bersifat pihak ketiga sehingga harga bervariasi dari satu agen dengan agen lainnya walaupun memberikan fasilitas yang sama. Umumnya, agen-agen di Hanoi sangat transparan dengan memasang harga didepan kios-kiosnya sehingga kita dapat membandingkannya. Setelah mendapat harga yang cocok dengan kantong, kita bisa menanyakan fasilitas apa yang terdapat pada paket tersebut dan jangan lupa menawar dari harga yang ditentukan, minimal 20 persen dari harga. Triknya, harga yang berkisar 30 USD hingga 50 USD pada umumnya akan mendapatkan fasilitas yang sama. Begitu juga 70 USD hingga 100 USD atau 120 USD hingga 150 USD. Tawarlah semaksimal mungkin. Jadi jangan heran apabila setiap peserta tur mendapatkan harga yang berbeda-beda dengan fasilitas yang sama.
  4. Cek kembali fasilitas yang ditawarkan. Setelah deal dengan harga paket tur, cek kembali apa saja yang termasuk dalam paket tur tersebut. Catat nomor telepon agen tur di Hanoi sehingga apabila sudah berada di Ha Long Bay dan terdapat perbedaan dengan deal yang terlah disepakati maka kita dapat komplain ke agen tur kita di Hanoi.

You can check my friend’s blog, vieta to read my trip around Vietnam: here!