Stunning Stockholm: Between Old Town and Cosmopolitan Town

Artikel ini telah dipublikasikan oleh majalah Liburan Edisi November, Halaman 50-53. http://majalahliburan.com/desination/paspor/32-stunning-stockholm.html

Artikel di Majalah Liburan edisi November

Mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Kota Stokholm merupakan sebuah impian dalam hidup saya. Ya, kota ini sangatlah indah dan romantis terutama di malam hari. Terdiri dari 14 kumpulan pulau membuat “the Stockholm Archipelago” menjadi sangat mengesankan sebagai ibukota negara Swedia. Perpaduan antara “old town” dan kota kosmopolitan menjadikan Stockholm memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Dibandingkan kota-kota lain di wilayah Skandinavia, Stockholm merupakan kota yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara. Setiap tahun jutaan orang datang ke kota ini. Pada musim panas, mayoritas orang yang berada di kota ini merupakan para turis dibandingkan penduduk lokal.

Busy day in Stockholm

Untuk dapat menjelajahi Stokholm sebaiknya kita memiliki peta untuk mempermudah perjalan. Peta dapat dibeli seharga 25 krona. Sesampainya di bandara Arlanda, saya menuju pusat kota Stockholm menggunkan Arlanda Express seharga 200 krona. Jangan mencoba-coba menggunkana taxi dari bandara ke pusat kota karena akan sangat mahal. Setelah sampai di central train station saya menuju hotel saya menginap. Saya tinggal di Hotel Adlon yang berada di pusat kota. Hanya berjalan 2 menit dari stasiun. Untuk dapat menginap di hotel ini, kita harus mengeluarkan uang sebesar 1500 krona per malam untuk sebuah kamar yang standar. Stockholm memang dikenal kota yang sangat mahal terutama untuk penginapan. Untuk menginap di tempat yang lebih murah, kalian bisa mencoba hostel dengan range 300-500 krona per malam. Saya makan di Jensen’s Bofhus di dekat hotel saya. Makan disini menghabiskan 150 krona untuk sebuah beef steak. Untuk makan yang lebih murah kalian bisa makan di MAX. MAX merupakan restoran cepat saji seperti KFC dimana kalian bisa menghabiskan hanya 80 krona untuk paket makan siang berupa burger, coke, dan kentang goreng. Saya sangat meyukai hot fruit pie di MAX. Kalian wajib mencobanya.

Love eating in MAX

Beruntung sekali saya dapat mengunjungi kota ini pada saat warga Swedia sedang merayakan hari nasional mereka. Tanggal 6 Juni merupakan hari besar kerajaan yang dikenal sebagai royal day. Ada dua alasan mengapa tanggal ini menjadi hari nasional bangsa Swedia pertama karena Gustav Vasa (raja gustav pertama di Swedia) dianugerahi gelar raja dan konstitusi baru Swedia yang membatasi kekuatan raja diresmikan. Swedia merupakan negara demokrasi yang memiliki kerajaan yang hanya bersifat simbol saja yakni monarki konstitusional demokrasi parlementer. Sedikit membingungkan memang.

King Gustav

Untuk dapat menjelajahi kota ini kita dapat berjalan kaki, menggunkan sepeda, bus atau metro train. Di Stockholm terdapat sistem satu kali bayar untuk dipakai perhari dimana kita dapat menggunakan seluruh metro train dan bus di dalam Kota Stockholm (tunnelbana). Stockholm card 24 jam seharga 115 krona. Untuk menikmati Stockholm,saya memilih berjalan kaki. Dari hotel saya menuju Gamla Stan. Gamla Stan merupakan sebuah Old Town Stockholm yang menjadi tujuan wisata yang popular. Disini kita dapat melihat bangunan-bangunan tua, kafe-kafe yang sangat indah. Di area ini juga berada Istana Kerajaan dan juga Gedung Parlemen Swedia. Hal inilah yang membuat Gamla Stan wajib untuk dikunjungi. Setelah mengunjungi Gamla Stan saya menuju daerah pinggir laut yang sangat ramai dalam rangka memeriahkan acara Love Stockholm National Day.

Sightseeing Stockholm by boat

Pada saat itu, Stockholm sangat ramai dan dihiasi oleh bendera Swedia. Biru dan kuning merupakan warna nasional Swedia yang terlihat dari benderanya. Dimana-mana orang menggunakan kaos berwarna biru membawa balon bendera biru. Selain itu terdapat stand ikea yang sangat besar. Yang saya suka dari bangsa Swedia ialah kreativitasnya. Mereka mempercantik kota mereka dengan seni-seni yang menarik untuk dilihat. Ikea sendiri membuat beberapa stand mengenai hasil produksi mereka, seperti ruangan-ruangan yang mereka dekorasi layaknya di kerajaan. Ya ikea merupakan perusahaan yang berasal dari Swedia. Selain memiliki Ikea, bangsa Swedia juga memiliki brand ternama seperti Volvo, Ericsson, H&M, Absolute Vodka yang tersebar ke pelosok dunia.

Enjoy national day🙂

Terkedang saya heran, bagaimana mungkin negara yang memiliki penduduk sedikit ini memiliki kreativitas yang begitu tinggi. Saya penasaran terhadap sistem pendidikan Swedia yang bisa mencetak penduduk yang penuh kreativitas ini. Beberapa pemusik yang terkenal dari Swedia antara lain ABBA, The Cardigans, Swedish House Mafia Basshunter, dan lain-lain. Selain kreativitas, bangsa Swedia juga memiliki keingintahuan yang besar. Hal itulah yang menyebabkan bangsa Swedia sering melakukan perjalanan ke negara lain karena keingintahuan yang besar terhadap dunia ini. Mungkin watak ini diwarisi oleh nenek moyangnya bangsa Viking yang suka menjelajah dan melakukan ekspedisi.

Di acara Love Stockholm terdapat beberapa boot menarik yang dapat saya kunjungi. Saya masuk ke boot Stokholm Arlanda Airpot: Offcicial Love Airport. Setelah antri dengan beberapa anak kecil, saya masuk ke dalam bandara dan melakukan simulasi perjalanan keliling dunia. Ya, keluar dari boot ini membuat saya menajadikan saya seorang world traveler. Setelah itu saya masuk ke boot minuman. Di boot ini pertama kali saya meminum “mineral water”. Bentuknya seperti soda tetapi sebenarnya air mineral. Di Eropa, air mineral sangat popular berbeda dengan air biasa di Indonesia. Dan Stockholm merupakan penghasil air mineral terbaik di seluruh Eropa. Setelah itu saya masuk ke stand makanan. Meat Ball merupakan makanan populer di Swedia. Bentuknya berbeda dengan bakso di Indonesia. Wajib untuk dicoba saat mengunjungi Swedia. Sekedar informasi, Swedia merupakan negara yang ramah lingkungan. Negara ini sangatlah bersih dan meminimalisir aktivitas yang merusak lingkungan. Tidak heran tempat sampah dimana-mana, penggunaan listrik yang minimum, dan rata-rata penduduk lokal menggunakan sepeda ke mana-mana. Jangan heran, para bos yang memakai jas menggunakan sepeda ke kantor di Stockholm. Anak muda yang menggunakan pakaian keren bahkan gaun, tetap menggunakan sepeda disini. Sangat berbeda dengan Indonesia.

Ecofriendly city

Setelah melihat boot-boot yang ada. Saya berkeliling kembali dan melihat beberapa aksi militer Swedia. Militer Swedia sangalah sedikit, namun teknologi yang mereka punya sangatlah modern yang tetap membuat Swedia memiliki militer yang tangguh. Itulah Swedia, mementingkan kualitas dibandingkan kuantitas. Selain itu, karena bulan Juni merupakan akhir masa sekolah, saya melihat tradisi anak muda bangsa Swedia yakni studenten. Pada kelulusan senior high school atau SMA, para pelajar ini menyewa sebuah truk untuk berkeliling kota dan berpesta di dalam truk. Mereka akan memutar music disko sangat kencang dan berteriak-teriak. Ini sangat tipikal perayaan kelulusan SMA orang Swedia dan hampir dilakukan di seluruh kota. Salah satu tradisi menarik kelulusan lainnya, mereka akan menggunakan topi berwarna putih dan membawa papan besar bergambarkan foto mereka pada saat balita. Sungguh tradisi yang menarik.

Tentara Swedia yang hanya sedikit

Tradisi kelulusan di Swedia

Setelah lelah mengelilingi Kota Stockholm seharian, saya kembali ke hotel. Karena saya datang pada saat summer, siang hari sangatlah lama. Matahari terbit pukul 03.00 am dan matahari terbenam pukul 11.00 pm. Suhunya pun hanya sekitar 20 derajat celcius, sedikit dingin untuk saya. Besoknya saya mulai melihat beberapa museum yang dapat kita kunjungi. Stockholm memiliki lebih dari 80 museum di penjuru kota. Untuk mempermudah perjalanan, kita dapat membeli tiket museum plus transportasi seharga 425 krona. Museum yang bisa kunjungi sebanyak 80 dan beberapa tempat menarik di Stockholm. Kita juga dapat melakukan sightseeing melalui perahu. Beberapa museum yang wajib dikunjungi ialah Vasa Warship Museum. Disini kita dapat melihat kekuatan maritim bangsa Swedia. Lalu, Skansen Open Air Museum dimana terdapat peninggalan-peninggalan bangsa Swedia seperti bangunan-bangunan tua, rumah petani, dan sebagaianya. Museum lainnya yang dapat dikunjungi antara lain Moderna Museet, Nastionalmuseum, Naturhistoriska Musseet, Vaxholm Fortress Museum,Hallwyll Museum dan beberapa museum lainnya. Akan sulit sekali mengunjugi seluruh museum di Stockholm dalam satu waktu.

Mengunjungi museum di Swedia, wajib hukumnya!

Sightseeing sudah, saatnya shopping. Enaknya belanja di Swedia, karena turis non EU akan mendapatkan tax free. Ya uang kita akan dikembalikan 12,5-17,5 persen apabila melakukan pembelian diatas 200 krona. Untuk traveler berbudget tidak besar, Ikea dan H&M merupakan pilihan yang tepat. Dengan kualitas dan design yang bagus kita mendapatkan harga yang cukup murah. Walaupun brand ini sudah di mana-mana, tetapi belum ada di Indonesia. Untuk H&M, range harga sekitar 75-300 krona. Oh yah, coklat dan permen sangat berlimpah di Swedia. Saya membeli coklat dan permen curah (per-kilo) seharga 25 krona untuk satu box besar. Coklat dan permen akan sangat murah kalau kita membeli di supermarket besar bukan di toko kecil karena harga sangat berbeda. Bahkan kalau di supermarket besar, coklat dan permen akan sangat lebih murah di Swedia daripada Indonesia.

I love Sweden

Dapat dikatakan saya sangat menyukai Stokcholm. Kota stylish ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dikenang. Aktivitas yang paling saya sukai ialah duduk di pinggir laut dan memperhatikan bangunan-bangunan tua di sekeliling saya. Hal tersebut menyadarkan saya betapa indahnya kota ini. Stockholm akan selalu menempati posisi di hati saya